Kamis, 25 November 2010

FISIOTERAPI


FISIOTERAPI adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada individu atau masyarakat untuk mengembangkan, memelihara, mengembalikan gerak dan kemampuan fungsi sepanjang hidupnya.

Proses Fisioterapi :
•       Assesment
–      Examination
–      evaluation
•       Diagnosis & prognosis
•       Planning
•       Intervensi
•       Re – evaluasi / re examination

Peran dalam kehidupan manusia:
Bayi dan Balita
 kesehatan Reproduksi
Ibu hamil
Tumbuh Kembang
Cedera - trauma  
Penyakit
Kesehatan kerja
Olah Raga
Proses penuaan
Post operatif
Kesehatan Masyarakat
Promotif/preventif
Kuratif
Rehabilitatif

Pendidikan:

WCPT (World Confederation for Physical Therapy) menyarankan pendidikan untuk menjadi fisioterapis dipusatkan pada universitas atau studi lain setingkat universitas, minimum 4 tahun mandiri dan diakreditasi dan lulusannya disetujui sebagai tamatan universitas secara hukum (accords graduates full statutory ) dan diakui profesinya. WCPT akan membantu asosiasi nasional fisoterapi dengan mengembangkan standar pendidikan yang sesuai (tepat) dan pengembangan proses akreditasi.

Fisioterapis adalah profesi otonom karena terjaminnya seorang fisioterapis bebas untuk melakukan keputusan profesional (profesional judgement) dalam meningkatkan (promotion) kesehatan, mencegah (prevention) dan pemeliharaan serta penyembuhan klien dalam batas pengetahuan yang didapat dan kompetensinya.

Secara luas, tindakan fisioterapis adalah tanggung jawab fisioterapis secara individu, yang disertai oleh keputusan profesi mereka yang tidak dapat dikontrol atau dikompromikan oleh pegawai, orang dari profesi lain atau lainnya.

Sebagai pembatasan otonomi profesi yang benar, profesi fisioterapi mempunyai tanggung jawab yang berkesinambungan untuk  mengaturan diri (self regulating).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar