Selasa, 10 Juli 2012

Booming Fisioterapi

“Booming” Fisioterapi sampai di Tingkat Puskesmas
Pemda Andalusia (Spanyol) meresmikan unit layanan fisioterapi dan rehabilitasi baru di 24 puskesmas di Andalusia untuk menambah jumlah layanan fisioterapi di tingkat puskesmas dari jumlah yang ada sebelumnya (10 puskesmas th 2002)

”Booming” pelayanan fisioterapi yang mengalami peningkatan pesat dalam tahun-tahun terakhir di Sevilla (Spanyol) tahun ini merambah pula sampai di tingkat Puskesmas (Centro de Salud). Dinas Kesehatan Pemda telah meresmikan 24 unit layanan fisioterapi dan rehabilitasi baru di tingkat puskesmas sebagai penambahan dari 10 unit yang telah beroperasi sejak tahun 2002. Inisiatif ini merupakan bagian dari program ”Bantuan untuk Keluarga-Keluarga Andalusia” dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan untuk para pasien dengan masalah keterbatasan gerak yang sering merupakan problema yang sering dijumpai di masyarakat.
Di luar program ini, Pemda juga telah meresmikan 98 ruangan unit fisioterapi lainnya di Andalusia. Pemda Andalusia kini juga telah memiliki 46 tim fisioterapi mobil yang menjamin pelayanan fisioterapi di rumah-rumah untuk melayani pasien yang tidak mampu bepergian.
8202 Pasien pada Semester Pertama 2005
Pada semester pertama 2005, unit layanan fisioterapi di puskesmas-puskesmas Andalusia telah melayani 44544 pasien. Di Sevilla (ibukota propinsi Andalusia) unit ini telah melayani 8208 pasien di puskesmas dan 397 pasien di rumah. Pada umumnya para pasien adalah mereka yang dalam status pemulihan paska kecelakaan atau cedera, kelainan vascular, rematik, problem pernafasan, atau mereka yang menyandang protesis pada pinggang atau lutut.

2 Fungsi Fisioterapis
Merawat pasien
Fisioterapis bertugas pertama-tama untuk mengakses (mendiagnosa, menganalisa?) problema kesehatan pasien untuk kemudian melakukan perawatan lewat sesi-sesi kinesiterapi, elektroterapi, mecanoterapi, terapi okupasional (?), pemasangan protesis dan lain-lain
Menyebarkan pengetahuan ttg keselamatan (kesehatan) pada masyarakat

Penyembuhan dengan Peralatan (Metode) Fisika
Raquel Chillon, Profesor Fakultas Fisioterapi Universitas Sevilla mendefinisikan ilmu fisioterapi sebagai suatu ilmu yang berkembang secara independen bagi para ”profesional” (paramedis) yang bekerja dengan menggunakan metode fisik (fisika?) untuk menyembuhkan, memulihkan, dan merawat, pasien. Dengan metode fisika, Pr.Chillon merujuk pada penggunaan air, cahaya, panas, gelombang ultrasonik dan tangan. Walaupun metode tersebut dinilai sangat penting dalam penyembuhan, Pr. Chillon mengingatkan juga bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan metode-metode lain.

Kesadaran Akan Peran Fisioterapi di Masyarakat
Para fisioterapis di Spanyol mengeluhkan adanya profesi-profesi lain yang menyerupai fisioterapis, misalnya chiropractics (?), di masyarakat yang seringkali membingungkan. Pr. Raquel Chillon menegaskan bahwa masalahnya bukanlah persaingan antar profesi, namun sekali lagi ia mengimbau pada semua pihak untuk mengutamakan kesehatan masyarakat di atas segalanya.

“Kita tidak tahu latar belakang pendidikan profesi-profesi yang menyerupai fisioterapi tersebut. Apa background akademiknya? Dokterkah? Ahli urutkah? Atau memang sama dengan fisioterapi?” tanya Pr. Chillon. Beliau menambahkan bahwa ketidakjelasan ini berbahaya bagi masyarakat awam. “Seringkali pasien tidak tahu harus pergi ke mana untuk berobat. Sayang sekali, kalau kejelasan baru datang setelah kondisi sudah parah.”

Karir yang Sangat dibutuhkan
Fisioterapi dinyatakan resmi sebagai suatu profesi independen di Sevilla baru pada 1990. Pr. Chillon menyatakan bahwa sejak itu, pihak fakultas menerima permintaan sekitar 700 sampai 800 lulusan fisioterapi pertahun. “Padahal setiap tahun kita hanya bisa menerima 100 mahasiswa baru untuk satu angkatan” lanjutnya.

Sumber: http://physioture.blogspot.com/2008/11/booming-fisioterapi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar